Social Icons

Home

Data Sekunder

Dalam penelitian terdapat dua macam data, yaitu primer dan sekunder. Data primer didapat secara langsung dari sumbernya, sedangkan data sekunder sudah dipublikasikan, seperti dokumen. Data sekunder dapat dijadikan pembanding dengan data yang sah ada untuk mencari perbedaan atau temuan yang baru.


Kelemahan data sekunder adalah data tersebut seringkali mempunyai maksud tertentu hingga cenderung subjektif dan bias. Data tersebut bisa saja terlampau luas sehingga mempunyai banyak interpretasi. Juga, data sekunder bisa saja sama sehingga tidak up to date. Data sekunder juga bersifat subjektif, tergantung provider yang merilisnya. Cara memperoleh data sekunder dapat melalui beberapa sumber yang mudah dijangkau, seperti perpustakaan, surat, kontrak, dan memo. Berbeda halnya jika memakai data primer yang lebih mahal dan rumit.
Tidak semua data sekunder reliable dan valid. Kita dapat mengevaluasinya dahulu dengan mengetahui tujuan studinya. Siapa yang megumpulkan info, waktu pengumpulan data terikat dengan aktual atau tidaknya, bagaimana info diperoleh dan metodologi apa yang digunakan serta seberapa konsisten info dibandingkan sumber lain. Data bukan hanya sekunder. Jika tidak dievaluasi dengan hati-hati bisa saja menyesatkan. Hal itu disebabkan kumpulan datanya sangat purposive dan terkaang tidak sesuai dengan riset kita.
Keuntungan penggunaan sumber data sekunder antara lain karena info yang selalu eksis dengan berbagai bentuknya seperti numerical yang konkrit dan tangible. Selain itu, dari segi efisiensi waktu, sangat menguntungkan peneliti karena ketersediaan data dan kemudahan menjangkaunya. Namun, ada pula hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan data tersebut. Hal ini penting dilakukan mengingat data sekunder seringkali bersifat purposive dan tak jarang yang memiliki tujuan berbeda dengan penelitian kita. Maka, bukan berarti jika mudah mendapatkan data akan dengan mudah pula kita menggunakannya. Evaluasi yang hati-hati tetap perlu untuk dilakukan guna memastikan reliabilitas, validitas dan kesesuaian data dengan penelitian. (aya)